September 30, 2012

Kuliah?

Halo halo bandung 202 tahun!!! Horeeee selamat ulang tahun! Maaf telat! Hihihi..

Oiya ini udah jam setengah satu dan aku belum tidur. Padahal Oga udah tergeletak bersama soal-soal persamaan kuadrat. Alasan aku belum tidur adalah aku ingin menikmati saat-saat lifeless ini, aku kan udah kelas dua belas (angka yang terdiri dari dua kata ditulis dengan huruf)

Hm, gimana ya kelas dua belas? Ya gitu deh, bimbel, tambahan, TO, ngerjain TO at home, Progress TO, dsb dsb. Seneng-seneng aja sih, yang bikin sebelnya tuh banyak banget info tentang ini itu yang belum pasti keakuratannya tapi udah menyebar kemana-mana. Kayak misalnya, waktu itu ada yang ngasih tau kalau masuk PTN pake NEM UN, terus jalur undangan sistemnya jadi terbuka dan dinaikkin persentasenya nyampe 90%, dan besoknya pas tambahan matdas sama Pak ST, udah ganti lagi jadi 60%, mau kemana atuh?

Sebenernya aku nggak riweuh atau gimana, cuma stress aja. Dan meski banyak temen-temenku yang riweuh gara-gara banyak anak IPA yang menomorduakan jurusan IPS di pilihan universitasnya, aku sih biasa aja, ya yang penting do your best aja. Mama tuh udah berkali-kali ngingetin 'mind your own business, keep doing your best, do not get anxious over insignificant matters' Tapi ya mau gimana lagi atuh, kepikiran mulu. Jadi ya aku mencoba untuk stay cool dan gaul dengan terus membeli Thai Tea dan NU Milk Tea, dua minuman surga yang paling ngetrend versi Nisa. 

Semakin deket, jadi semakin ragu. Banyak banget yang bilang chase your dream, you deserve to live it. Tapi nyampe sekarang belum ada yang bilang kalo, aku emang mampu lulus ke universitas tsb. aku jadi ngerasa sangsi sama diri sendiri, jadi orang kok mimpinya tinggi-tinggi amat. Ditambah di kelas inten aja udah ada empat orang yang ingin masuk fakultas dan universitas yang sama. Emang aku mampu ya? Jadilah aku nyoba buat mikir realistis, ngebandingin kemampuaan sama kenyataan yang ada. Aku nggak bisa dong terus-terus bersikap idealis. Terus aku mikir lagi, apa yang mendasari mimpi aku ini? Aku ingin ngebuktiin kalau aku bisa.

Berbekal pengalaman waktu masuk SMA, aku jadi lebih open-minded. bukan berarti aku pasrah gitu aja sama cita-cita aku. Passion aku masih cuma ingin bekerja di KBRI kok. Tapi optionnya, aku nyoba untuk berdoa dengan ikhlas. Yang pertama supaya dijodohkan, yang kedua supaya ditunjukkan yang terbaik dn bisa barokah kedepannya. Karena untuk ngewujudin sesuatu, lo harus menyampingkan ego dulu. Karena kalau sebenernya cita-cita aku ingin jadi ambassador, mau itu atase, duta besar, diplomat, yang aku pentingin adalah bagaimana caranya aku bisa jadi mahasiswi jurusan tsb dulu, bukan? Urusan universitas, tentu harus yang kualitasnya bagus. Tapi apa aku mampu bertahan cuma sama satu pilihan? (cih udah kayak mau bikin lagu melayu aja ya)

Banyak temen aku yang punya macam-macam second, third, atau bahkan nyampe fifth option, yaitu apply ke beasiswa luar negeri. Kalau ada yang pilihan satunya ngambil Akun, pilihan dua ada yang ngambil sastra, hukum, dsb dsb. Tapi aku ngga terketuk untuk ngebuka hati buat jurusan yang lain. Aku udah nyoba bilang ke diri sendiri kalau aku tuh standar, gak pinter. Ngerjain matdas aja cuma bener sebiji padahal bisa kalau nggak tegang. Oke, oot. Jadi ya begitu, kemarin-kemarin kepikiran buat nerusin jejak bapake tapi dipikir lagi, entarnya mau jadi apa? Aku nggak mau jadi profesi sejuta umat. 

Jadi intinya, aku nyoba buat berdo'a dengan ikhlas, syukur-syukur rencana indah-Nya sejalan dengan rencanaku. Yang penting sekarang adalah ikhtiar dan doa semaksimal mungkin, karena kalau berbicara undangan aku udah ngerasa gelap mata, ya wayahnya. Simple aja sih, ortu gak pernah sekali pun maksain kehendak mereka. Dari mulai aku TK, aku nentuin dimana aku mau les sempoa, les inggris, mau ngaji yang sore atau siang, mau TK dua tahun, mau pindah sekolah, mau masuk GO individu, (iya hidup gue emang les mulu) dsb dsb. Jadi mungkin ini saatnya aku ngedenger pendapat ortu dan reconsider it. Karena gak selamanya lo tau apa yang terbaik buat diri lo kan, karena yang ngeliat dan tau kepribadian lo tuh ya siapa lagi kalu bukan orang yang paling deket dengan lo.Meski masih nggak rela, tapi kan gue udah 17 tahun, udah saatnya gue bersikap dewasa. 

Dan, aku nggak mau ngecewain mama dan babeh lagi.For what they have sacrificed, and all.

Bismillahirrahmanirrahim, semoga Allah memudahkan, Amiin.

No comments: