August 29, 2011

Reflect

Tahun kemarin ada pesantren kilat di sekolah saya, which is tahun kemarin saya masih di SMA 7. Sanlat tahun kemarin tuh beda banget. It doesn't mean that another sanlat isn't good, but because that time, saya beneran mikir dan jungkir balik menganalisis kenapa saya harus shalat, kenapa saya beragama Islam, dan sebagainya.


It's because my tutor, Kang Jaka. Kang Jaka ini Mahasiswa STEI ITB, (gak tau tahun berapa) dan alumni SMA 3. That was a big attack to me, karena mengingat, tahun kemarin, ya taulah kenapa. Kang Jaka ini, orangnya rendah hati sekali, Subhanallah. Beliau tuh kaya kunci dari sebuah pintu buat saya, halah, gimana ya. Jadi seakan-akan ngebukain kalo apa yang saya lakuin selama ini tuh bisa jadi meanless.


Gini, Kenapa kamu Shalat? Ya karena Shalat itu wajib. Karena disuruh orang tua. Tapi asa ga pernah kepikiran karena saya harus mentaati apa yang diperintahkan Allah, karena Allah udah ngasih segalanya buat saya dan masa aja saya gak tau diri gitu ga ngikutin perintah Allah? In case saya hidup di dunia ini aja atas ijin Allah. Belagu banget kalo saya ga mau naatin perintah Allah, apalagi cuma LIMA kali sehari, lima kali doang loh. 


Sementara, kata Kang Jaka, kita bisa ngabisin berjam-jam di depan Komputer, depan gadget, dsb dsb tapi cuma ngeluangin lima menit doang, ga bisa? Sebenernya hatam Al-qur'an dalam satu bulan tuh gampang, karena diitung-itung, satu juz tuh cuma ngabisin 30 menitan, yang notabene cuma 20 halaman. Tapi ko susah banget ya? Padahal saya sendiri aja bisa namatin dua novel dalam sehari, tapi Al-quran yang cuma kurang lebih 600 halaman kok harus sampe setahun ya? Astagfirullah....


Jadi intinya, we waste our time too much in things we don't really need.


Kang Jaka juga yang menginspirasi (ceileh) saya buat beli Al-qur'an terjemahan. Memangnya, dengan membaca arabnya aja bisa ngebuat kita ngerti isinya? Ngga kan. Nah ayata favorit aku tuh di surat Ar-rahman, yang artinya gini 
"Maka nikmat Tuhankamu yang manakah yang kamu dustakan?" 


"Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis, kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? 4 Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itu pun dalam keadaan payah."Q.S Al-Mulk, 3-4.


Subhanallah banget ya? Makannya, jangan sekali-kali ngatain kalo apa yang kita terima dari Tuhan itu gak adil, Allah knows the best, dan Allah itu maha bijaksana..


Kata kang Jaka, dulu tuh beliau pernah ada pada fase dimana beliau terus-terusan bertanya kenapa beliau harus shalat? Dan sebagainya, sampe beliau ikut pengajian di Salman ITB, padahal waktu itu beliau lagi kelas 3 loh!  Beliau ga cuma belajar, tapi juga ngaji, kalau dibandingin sama temen-temennya, katanya usaha belajarnya beliau tuh maish kecil banget, tapi Alhamduillahnya, beliau diterima di pilihan pertama! Lupa, ayat dari surat apa persisnya, yang jelas bunyinya gini, kurang lebih, "Tolonglah Agama Allah, niscaya Allah akan menolongmu" jadi kebukti, kalo usaha belajarnya ga dimbangin dengan ibadah ya nihil. Emangnya yang menghendaki kehidupan kita tuh siapa, kalau bukan Allah? Yang memberi rejeki kita tuh kan Allah. Jadi, jangan berharap kepada manusia, tapi berharaplah kepada Allah :) (mama sering banget ngomong gini)


Wah, saya jadi malu sendiri, udah besar tapi ibadahnmya masih kacau balau :-/  Yuk, manteman, kita perbaiki ibadah kita selagi masih dikasih umur! :D

No comments: